Beralih dari Microsoft Excel ke Spreadsheet

6. Berkolaborasi dalam Spreadsheet

Berikutnya: 7. Mengekspor spreadsheet

6.1 Berbagi spreadsheet

" "

Excel:
Berbagi workbook

Spreadsheet:
Berbagi dengan orang tertentu atau menggunakan link

Bagikan workbook pada versi 2013

Excel 2013

Opsi pada versi 2010 (lindungi, izinkan, lacak)

Excel 2010

Berbagi dengan orang tertentu:

  1. Buka file yang ingin dibagikan (yang Anda miliki atau yang akses editnya Anda miliki).
  2. Klik Bagikan.
  3. Masukkan alamat email atau grup yang ingin diajak berbagi.
  4. Pilih jenis akses yang ingin diberikan kepada orang lain: Editor, Pemberi komentar, atau Pengakses lihat-saja.
  5. Klik Kirim.


Berbagi menggunakan link:

  1. Buka file dan klik Bagikan.
  2. Di bagian Dapatkan link, klik Salin  link.
  3. (Opsional) Untuk mengubah izin, klik Ubah, lalu pilih Pengakses Lihat Saja, Pemberi Komentar, atau Editor.
  4. Copy-paste link di email atau di mana pun Anda ingin membagikannya.

Untuk detail selengkapnya, lihat Berbagi file dari Google Drive.

Klik Bagikan untuk membuka jendela tempat Anda menambahkan orang, lalu klik Kirim

6.2 Menambahkan komentar dan menetapkan tugas

" "

Excel:
Komentar

Spreadsheet:
Tambahkan komentar dan tetapkan tugas

 Tambahkan komentar baru pada versi 2013

Excel 2013

Komentar baru pada versi 2010

Excel 2010

  1. Di Dokumen, Spreadsheet, atau Slide, pilih teks yang ingin dikomentari.
  2. Klik Tambahkan komentar "".
  3. Masukkan komentar Anda di kotak.
  4. (Opsional) Untuk mengarahkan tugas atau komentar ke orang tertentu, masukkan tanda tambah (+) yang diikuti dengan alamat email mereka. Anda dapat menambahkan orang sebanyak mungkin. Setiap orang akan mendapatkan email yang berisi komentar dan link ke file tersebut.
  5. (Opsional) Untuk menetapkan komentar ke pengguna tertentu, centang kotak Tugaskan kepada.
  6. Klik Komentar atau Tugaskan.

Catatan: Jika file mencapai jumlah komentar maksimum, Anda dapat membuat salinan file tanpa menyalin komentar apa pun.

Buka kotak Komentar dan masukkan teks, dengan opsi untuk menetapkan tugas kepada seseorang

6.3 Mengirim email kepada kolaborator

" "

Excel:
Kirim sebagai Lampiran

Spreadsheet:
Kirim email ke kolaborator

Kirim sebagai lampiran agar semua orang mendapatkan salinan untuk ditinjau

Excel 2013

Opsi simpan dan kirim pada versi 2010

Excel 2010

Untuk menindaklanjuti percakapan yang terlalu panjang yang ingin dikomentari, kirim email kepada kolaborator secara langsung dari Spreadsheet.

  1. Klik File laluKirim email ke kolaborator.
  2. (Opsional) Untuk menghapus kolaborator dari email, hapus centang kotak di samping namanya.
  3. Tambahkan subjek dan pesan.
  4. (Opsional) Untuk mengirim salinan email ke diri Anda, centang kotak Kirim salinan.
  5. Klik Kirim.

Pilih File, Kirim email ke kolaborator, lalu jendela Kirim pesan muncul, beserta kolaborator yang tercantum di sebelah kanan

6.4 Beralih ke versi sebelumnya atau memberi nama versi

" "

Jika memiliki spreadsheet atau memiliki akses edit ke spreadsheet tersebut, Anda dapat melihat versi sebelumnya dan memulihkannya.

Spreadsheet: Melihat versi atau memulihkan versi:

  1. Pilih File laluHistori versilaluLihat histori versi.
  2. (Opsional) Untuk melihat versi yang diberi nama dalam daftar saja, klik Hanya tampilkan versi yang diberi nama.
  3. Klik stempel waktu untuk melihat file versi sebelumnya.

    Di bawah stempel waktu, Anda akan melihat:

    • Nama orang yang mengedit dokumen.
    • Warna di samping tiap nama orang. Hasil edit yang mereka buat akan muncul dengan warna tersebut.
  4. (Opsional) Untuk menjadikan versi ini versi yang aktif, klik Pulihkan versi ini.

Histori versi mencakup tanggal dan waktu


Memberi nama versi:

6.5 Membuat filter dan tampilan filter

" "

Excel:
Data filter

Sheets:
Filter dan tampilan filter

Opsi filter lanjutan pada versi 2013

Excel 2013

Opsi lanjutan di bagian Filter pada versi 2010

Excel 2010

Untuk memfilter data di spreadsheet, buat filter. Jika Anda menginginkan filter yang tidak memengaruhi tampilan orang lain, buat tampilan filter.

Membuat filter:

  1. Pilih rentang sel.
  2. Klik Data laluBuat filter.
  3. Buka bagian atas rentang, lalu klik Filter Filter untuk melihat opsi filter.

Membuat tampilan filter:

  1. Klik sel yang memiliki data.
  2. Klik Data laluTampilan filterlaluBuat tampilan filter baru.
  3. Di header kolom, klik daftar dan pilih data yang ingin difilter. Sebagai alternatif, di kotak penelusuran, masukkan teks untuk menelusuri data yang ingin difilter.
  4. Klik Oke.
  5. Di kotak Nama, masukkan nama untuk tampilan filter.
  6. Klik Data laluTampilan filter untuk membuka tampilan filter kapan saja.

 Untuk informasi selengkapnya, lihat Mengurutkan & memfilter data serta Membuat, memberi nama, dan menyimpan tampilan filter.

Dari menu, cari opsi "Buat tampilan filter" dengan memilih "Filter tampilan" di bagian Data

6.6 Melindungi konten

" "

Excel:
Lindungi Spreadsheet atau Workbook

Spreadsheet:
Sheet dan rentang dilindungi

Spreadsheet yang dilindungi (muncul dengan kunci) pada versi 2013

Excel 2013

Spreadsheet yang dilindungi (muncul dengan kunci) pada versi 2010

Excel 2010

Jika memiliki konten sensitif dalam spreadsheet, Anda dapat mencegah orang lain mengubahnya.

  1. Buka Spreadsheet, lalu klik Data > Sheet dan rentang dilindungi.
  2. Klik +Tambahkan sheet atau rentang.
  3. Klik Rentang untuk melindungi rentang konten atau Sheet untuk melindungi seluruh sheet.
  4. Klik Setel izin, lalu pilih apakah harus menampilkan peringatan atau membatasi siapa yang dapat mengedit konten.
  5. Klik Selesai.

Untuk detailnya, lihat Melindungi konten dalam spreadsheet.

Temukan opsi untuk menetapkan izin dengan mengklik Data, kemudian Spreadsheet yang dilindungi dan rentang

6.7 Membatasi aktivitas berbagi, mendownload, mencetak, atau menyalin

" "

Excel:
Enkripsi dengan Sandi

Spreadsheet:
Batasi opsi berbagi

Tetapkan izin pada versi 2013

Excel 2013

Opsi izin pada versi 2010

Excel 2010

Jika memiliki konten sensitif dalam spreadsheet, Anda dapat mencegah orang lain mendownload, mencetak, atau menyalinnya.

  1. Di bagian atas spreadsheet, klik Bagikan.
  2. Di bagian bawah, klik Lanjutan.
  3. Centang kotak Nonaktifkan opsi untuk mendownload, mencetak, dan menyalin bagi pemberi komentar dan pengakses lihat-saja.
  4. Klik Selesai.

Spreadsheet dengan berbagai setelan yang terbatas bagi orang yang berbeda

6.8 Menetapkan tanggal habis masa berlaku untuk aktivitas berbagi

" "

Spreadsheet: Menetapkan batas waktu berbagi

Saat bekerja dengan orang lain di luar organisasi, seperti klien atau agensi, Anda mungkin ingin membatasi akses mereka ke file tertentu saat project Anda selesai.

Menetapkan tanggal habis masa berlaku:

  1. Di bagian atas spreadsheet, klik Bagikan.
  2. Jika file belum dibagikan, bagikan.
  3. Klik Lanjutan.
  4. Arahkan kursor ke nama orang, lalu klik Setel waktu berakhir "".
  5. Ubah tanggal habis masa berlaku akses.

    Catatan: Anda tidak dapat menyetel tanggal habis masa berlaku untuk hari ini. Jika Anda perlu membatasi akses secepatnya, cukup urungkan berbagi file.

  6. Klik Simpan perubahan laluSelesai.

Orang yang memiliki akses akan muncul dalam daftar di bawah "Setelan Berbagi" dengan opsi "Simpan perubahan" di bagian bawah

6.9 Melihat siapa saja yang melihat spreadsheet

" "

Spreadsheet: Melihat siapa saja yang melihat spreadsheet

Di Spreadsheet, jika memiliki akses edit ke spreadsheet, Anda dapat melihat:

  • Siapa saja yang diajak berbagi
  • Siapa saja yang melihatnya
  • Diagram pengakses lihat-saja dari waktu ke waktu.

Untuk melihat Dasbor aktivitas, di kanan atas, klik Dasbor aktivitas Dasbor aktivitas.

Jika tidak ingin histori tampilan muncul di Dasbor aktivitas, Anda dapat mengubah setelan privasi.

Di menu Spreadsheet, pilih Data, Filter tampilan, dan Buat filter

Berikutnya: 7. Mengekspor spreadsheet

Apakah ini membantu?

Bagaimana cara meningkatkannya?